Bocor, Oppo Kepergok Kembangan Teknologi Baru untuk Layar Tanpa Bezel

RANCAH POST – Penampilan smartphone dengan layar lengkung tampaknya mulai jadi trendy akhir-akhir ini. Terutama setelah kesuksesan Samsung dalam menghadirkan inovasi baru dengan merilis handset Samsung Galaxy Note 4 Edge beberapa waktu lalu. Namun meski menjadi trend, teknologi layar lengkung ini bukanlah sebuah teknologi yang dapat diterapkan begitu saja.


Teknologi ini nyatanya melibatkan proses produksi yang rumit, serta tidaklah murah. Sehingga akan sulit bagi vendor kelas menengah ke bawah, untuk melakukan inovasi serupa. Namun hal ini tidak menjadi hambatan untuk sang manufaktur asal China, Oppo.


Sebagaimana dilansir laman GSMArena (23/03/2015), baru-baru ini, sebuah bocoran dokumen yang diterima GSMArena menegaskan, bahwa Oppo tengah mengembangkan teknologi baru, untuk dapat menampilkan interface dengan layar lengkung, yang mana berbeda dengan teknologi yang digunakan Samsung. Bahkan, teknologi ini telah didaftarkan oleh Oppo sebagai hak paten mereka pada pertengahan Desember 2014 lalu.


Namun jika melihat skema yang ada, teknologi ini tampak menggunakan modul layar persegi panjang biasa(normal), yang dilapisi dengan sebuah panel yang disebut Oppo sebagai “special light guide structure”. Dan nayatanya, bukannya tanpa bezel, teknologi ini masih tetap menggunakan bezel, namun dengan ukuran yang sangat tipis, sehingga tampak tidak menggunakan bezel sama sekali.


Bocor, Oppo Kepergok Kembangan Teknologi Baru untuk Layar Tanpa Bezel


Teknologi ini tampaknya menerapkan sistem pemantulan cahaya khusus di bagian ujung. Sehingga hasil pemantulan cahaya yang diterima akan memungkinkan layar aslinya tampak lebih besar. Sehingga bagian bezel akan tetap tersembunyi. Dengan demikian, mereka telah berhasil menyembunyikan bezel tipis dengan tanpa merubah proses manufaktur yang selama ini digunakan.


Untuk saat ini, masih belum jelas, kapan teknologi ini akan diterapkan, dan apakah persediaan layar lengkung baru ini akan ditambah atau tidak. Namun yang pasti, mengingat paten ini diajukan pada 19 Desember lalu, kemungkinan besar paten ini akan segera tersedia secara Online dalam waktu dekat. Karena ia akan tersedia dalam waktu tiga hingga enam bulan setelah diajukan, tergantung lancar tidaknya proses pengesahan.





Article source:
Bocor, Oppo Kepergok Kembangan Teknologi Baru untuk Layar Tanpa Bezel
Suka artikel ini ?

About Dani Aprianto

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan