Bali Rayakan Hari Nyepi, Pantai Kuta Pun Sepi

RANCAH POST – Umat Hindu di Bali kini tengah melaksanakan Hari Nyepi upacara tapa brata penyepian Tahun Baru Saka 1937. Pantai Kuta pun yang biasanya ramai dengan beragam aktivitas, kini sepi. Warga sekitar dan tamu hotel di kawasan Pantai Kuta pun tidak diperbolehkan sama sekali keluar dari area hotel.


Seorang pecalang katakan, “Enggak boleh keluar. Masuk-masuk, tamu masuk. Hari Nyepi ini di halaman juga tidak boleh,” Kuta, Badung, Bali, Sabtu (21/03/2015).


Pecalang (petugas keamanan adat) memang sejak pagi gencar melakukan kontrol keliling sepanjang pesisir kawasan pantai. Kontrol tersebut dilakukan untuk menghimbau kepada pihak hotel di sekitaran pantai yang kemungkinan masih menyalakan lampu penerangan.


Oleh karena itu, hotel di sekitar Pantai Kuta pun tampak sepi. Tidak ada satu pun orang yang beraktifitas di wilayah pantai. Nampak sejumlah barang-barang milik pedagang di sekitar pantai dibungkus rapi dengan terpal agar tidak hilang.


Umat Hindu di Bali sendiri melaksanakan brata penyian yang harus melakukan 4 hal, yaitu Amati Geni yaitu tidak menghidupkan lampu, Amati Karya yaitu tidak melaksanakan aktivitas kerja, Amati Lelungan yaitu tidak bepergian dan Amati Lelanguan yaitu tidak melakukan aktifitas hiburan.


Perayaan Hari Nyepi sendiri dilaksanakan mulai (21/03/2015) pukul 06.00 Wita hingga (22/03/2015) pukul 06.00 Wita.




Article source:
Bali Rayakan Hari Nyepi, Pantai Kuta Pun Sepi
Suka artikel ini ?

About Dani Aprianto

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan