Gua Batu Akik Madura Gegerkan Masyarakat, Polisi Bersiaga

RANCAH POSTGua batu akik Madura kini tengah menjadi buah bibir hangat di berbagai kalangan masyarakat. Seperti dietahui akhir-akhir ini masyarakat Indonesia tengah hebat-hebatnya terjangkit “Virus batu akik”. Para pecinta batu mulia tersebut terus berlomba-lomba untuk memperkaya koleksinya.


Letak spesifik penemuan Gua batu akik Madura sendiri berada di Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Seiring membeludaknya para penambang batu akik ke lokasi penemuan, polisi pun memasang “police line” di lokasi temuan, dengan alasan untuk menjaga ketertiban dan menjaga struktur serta undakan Gua.


AKP Ridwan selaku Kapolsek Tumberu jelaskan, “Sengaja kami pasang garis polisi, untuk mengantisipasi rusaknya tanah di atas gua,” Jumat (13/02/2015).


Pemasangan garis polisi sendiri tidak dimaksudkan untuk menghalangi para turis lokal maupun asing untuk berkunjung, namun ditujukan untuk menjaga keindahan batu-batu dalam gua agar tetap terjaga kelestarian dan tidak dibawa pulang secara sembarangan oleh para turis.


Temuan Gua batu akik Madura ini dianggap sebuah berkah bagi warga sekitar. Selain temuan batu akik, banyak dari masyarakat sekitar yang membuka lapak berdagang di sekitar gua.


Saat ini, gua batu akik Madura di Dusun Rojing bukan hanya dijaga oleh polisi, namun organisasi masyarakat bernama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) juga turut melakukan pengamanan.




Article source:
Gua Batu Akik Madura Gegerkan Masyarakat, Polisi Bersiaga
Suka artikel ini ?

About Dani Aprianto

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan