Merawat Pakaian Sutera Agar Tetap Mempesona

RANCAH POST – Kain sutera terkenal sebagai kain terbaik di dunia sejak ratusan tahun lalu. Tidak sedikit orang menyukai pakaian yang terbuat dari sutera karena bisa memberikan kesan elegan, ringan dipakai dan nyaman di tubuh.


Namun, apabila pakaian sutera ini tidak dirawat dengan baik, maka pakaian sutera bisa jadi cepat rusak tuh. Cara merawat pakaian agar awet, khususnya pakaian dari bahan sutera perlu perhatian ekstra. Gimana caranya? Simak petunjuk di bawah ini.


Tahap pencucian pakaian sutera

Sebenarnya sangat dianjurkan untuk mencuci pakaian sutera secara manual alias dengan tangan dan bukan dengan mesin cuci, tujuan mencuci sutera secara manual adalah agar serat pada pakaian sutera tidak mudah rusak dan kusut. Anda bisa juga menggunakan shampo untuk menggantikan detergen pada saat mencuci.


Tahap pembilasan pakaian sutera

Bilas pakaian sutera menggunakan air hangat suam-suam kuku atau sekitar 30 derajat celcius. Ini berfungsi agar pelapis sutera bisa bersinar kembali. Bilas lagi dengan air bersih sekitar 2-3 kali, dan ingat, jangan memeras kain sutera secara langsung. Biarkan pakaian kering sendiri tertiup angin atau digulung menggunakan handuk.


Tahap menjemur pakaian sutera

Cara menjemur pakaian sutera sangat sederhana. Jemur di tempat teduh atau cukup diangin-anginkan saja sampai kering. Jangan menjemur langsung di bawah terik matahari karena bisa merusak kualitas kain atau bisa bikin warna cepat pudar.


Tahap menyetrika pakaian sutera

Setrika pakaian sutera dengan suhu sedang, jangan terlalu panas. Ingat juga untuk menggunakan kain katun sebagai pelapis saat menyetrika. Sebaiknya, jangan setrika langsung pada permukaan kain suteranya.


Tahap penyimpanan pakaian sutera

Gunakan hanger atau gantungan pakaian yang terbuat dari bahan lembut terlapisi busa. Jangan simpan di tempat yang langsung terpapar sinar matahari. Oh ya, untuk mengindari ngengat, bisa ditambahkan kamper anti serangga, akar wangi atau sedikit merica yang dibungkus tissue dan taruh dalam lemari.


BACA JUGA :


Demikian tips kali ini, yang menjelaskan pada Anda tentang cara merawat pakaian berbahan sutera, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di tips berikutnya.




Article source:
Merawat Pakaian Sutera Agar Tetap Mempesona
Suka artikel ini ?

About Dani Aprianto

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan