Harga Samsung Galaxy E5 vs Galaxy A3, Spesifikasi dan Perbandingan

RANCAH POST – Samsung Galaxy E5 dan Galaxy A3 merupakan dua handset terbaru dari Samsung, yang memiliki selisih usia sekitar 2 bulanan. Galaxy A3 nyatanya telah dirilis pada akhir Oktober 2014 lalu, sementara Samsung Galaxy E5 hadir di awal Januari kemarin.


Keduanya sama-sama hadr sebagai generasi baru di jajaran smartphone Galaxy buatan Samsung. Meski hadir dengan ukuran layar dan dimenso berbeda, namun dari segi spasifikasi dan fitur yang diusung oleh kedua handset ini, bisa dikatakan bahwa keduanya memiliki kelas yang sama.


Dan bukan hanya spesifikasi saja, kedua handset handal ini juga telah tersedia di Indonesia, dan dibanderol dengan kisaran harga yang tidak terlalu berbeda.


Dari segi desain, bisa dikatakan bahwa keduanya membawa bentuk tubuh yang ramping dan ideal. Serta penampilan yang nyaris serupa. Namun dari sisi material, Samsung Galaxy A3 hadir sebagai smartphone kelas remium dengan body utama berbahan metal. Sementara Galaxy E5 hanya berbekalkan bahan plastik pada body utama, dengan beberapa aksen pendukung berbahan logam.


Spesifikasi Samsung Galaxy E5 vs Galaxy A3


Untuk spesifikasi, kedua handset ini sama-sama dibekali dengan layar berteknologi Super AMOLED, lengkap dengan fitur multi-touch, Light sensor dan Proximity sensor. Samsung Galaxy A3 hadir dengan ukuran layar seluas 4,5 inci dengan ressolusi layar mencapai 540 x 960 piksel. Sehingga menghasilkan kepadatan layar mencapai 245ppi. Sementara itu Samsung Galaxy E5 menghadirkan ukuran layar yang lebih besar sebesar 5 inci, dengan resolusi yang lebih gahar, yakni 720 x 1280 piksel, yang mana juga menghasilkan kepadatan layar mecapai 194ppi.


Lebih dalam, di bagian dapur pacu, kedua handset ini akan tampak lebih intim. Di dalam tubuh dari kedua handset ini, tertanam sebuah chipser Qualcomm Snapdragon 410 8916 yang ditenagai prosesor quad-core Cortex-A53 dengan clock mencapai 1,2GHz yang diperkuat dengan GPU Adreno 306 dan 1,5GB RAM. Keduanya juga dibekali dengan ukuran ruang simpan sebesar 16GB dengan dukungan slot microSD yang support hingga 64GB.


Dan diatas hardware segahar ini, berjalan sebuah OS Android 4.4.4 KitKat, yang dilengkapi dengan UI TouchWiz kembangan Samsung pada handset Samsung Galaxy E5 (tidak dengan Samsung galaxy A3).


Sedangkan di bagian kamera, keduanya sama-sama menerapkan sensor kamera utama dengan resolusi mencapai 8MP, lengkap dengan berbagai fitur seperti Autofocus, Digital zoom, Geo tagging dan Self-timer. Dengan tambahan fitur Face detection dan Voice activation pada handset Samsung Galaxy A3 serta fitur Touch to focus dan Smile detection pada Samsung Galaxy E5. Kedua kamera tersebut juga dilengkapi dengan LED Flash dan kemampuan merekam video berkualitas 1080p.


Selain kamera utama yang cukup ganas, kedua handset ini juga dibekali dengan ukuran kamera depan dengan ukuran serupa, yakni 5MP. Ukuran kamera ini tentunya tidak dapat disia-siakan, dan akan sangat nyaman untuk mengambil foto selfie atau sekedar melakukan video-calling.


Untuk konektifitas, handset Samsung Galaxy A3 hadir dengan fitur single-SIM dengan koneksi lengkap. Mencakup 2G(GPRS/EDGE), 3G (HSUPA+) serta koneksi 4G LTE terbaru. Sementara Samsung Galaxy E4 hanya mendukung koneksi 2G dan 3G HSUPA+ saja. Namun handset Galaxy E5 ini juga menyajikan pilihan varian dengan fitur dual-SIM.


Sedangkan fitur koneksi lainnya, seperti Bluetooth 4.0 dan WiFi juga tersedia pada kedua handset tersebut.


Selanjutnya, untuk daya baterai, Samsung Galaxy E5 dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 2.600mAh, yang mana akan menopang handset untuk tetap aktif hingga 16 jam waktu bicara. Sementara Samsung Galaxy A3 hadir dengan kapasitas daya baterai yang lebih kecil, yakni sekitar 1.900mAh, yang hanya bertahan selama 12 jam saja, jika digunakan untuk bicara di jaringan 3G.


Harga Samsung Galaxy E5 vs Galaxy A3 per Maret 2015


Untuk update harga per Maret 2015, sebagaimana situs Lazada Indonesia, kedua handset ini, baik Samsung Galaxy E5 maupun Samsung Galaxy A3, sama-sama dibanderol mulai harga Rp. 3,3 jutaan, dengan harga berbeda pada beberapa varian dengan bonus dan promo tertentu.




Article source:
Harga Samsung Galaxy E5 vs Galaxy A3, Spesifikasi dan Perbandingan
Suka artikel ini ?

About Dani Aprianto

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan