Installation Interface Windows 10 Kini Diupdate

RANCAH POST – Bertahun-tahun sudah Microsoft dan Windows melayani keinginan dan permintaan para konsumennya. Berbagai perubahanpun mereka lakukan di setiap upddate maupun upgrade. Mulai dari kehadiran windows Vista yang merubah hampir seluruh tampilan UI pada Windows. Kemudian Windows 7 datang sebagai penyempurna. Selanjutnya Windows 8 hadir dengan tampilan Flat UI yang kemudian disusul oleh Windows 8.1.


Namun, dari berbagai perubahan tersebut, selama bertahun-tahun, sejak berakhirnya Windows XP, ada satu tampilan yang hampir tidak pernah berubah. Yakni tampilan UI yang digunakan saat Instalasi. Bisa dikatakan, bagian ini hampir tidak pernah berubah (meski agak berubah sedikit pada Windows 8).


Dan dari tampilan versi Preview Windows 10 yang telah banyak dicoba beberapa waktu lalu, tampilan instalasi inipun masih saja melekat. Hingga membuat beberapa konsumen dan pengamat beranggapan bahwa Microsoft, ingin menjadikan tampilan tersebut sebagai UI abadi untuk instalasi.


Namun tidak berapa lama, Microsoft tampaknya mulai mencium kebosanan konsumennya akan tampilan ini. Merekapun merubah tampilan UI untuk instalasi Windows 10, menjadi seperti yang tampak pada gambar di atas.


Meski secara fungsional hampir tidak ada yang berubah, semua orang tentunya akan sadar, bahwa tampilan dari mode instalasi tersebut terah berubah secara desain. Yap, kini UI lebih difokuskan pada gambar cicin besar di bagian tengah, yang berfungsi sebagai progress bar, dengan di bagian bawah, terjajartahapan proses instalasi, mulai dari awal hingga akhir.


Di bagian paling atas layar, terdapat teks berukuran besar, bertuliskan “Installing Windows 10 Technical Preview.” Dengan tulisan “Your PC will restart several times. Sit back and relax” dengan ukuran lebih kkecil di bawahnya. Dan tepat ditengah cincin besar terdapat angka dalam format persen (%), yang menunjukan persentase dari kemajuan instalasi.


Meski masih belum jelas apa maksud dibalik perubahan ini, namun seperti dilansir laman Neowin (09/03/2015), beberapa pihak berpendapat, bahwa ini merupakan titik terang, sekaligus awal dari perubahan besar yang akan hadir pada Windows 10. Entah itu dari segi desain, UI, maupun fungsi.


Hingga saat ini, masih belum jelas, kapan build selanjutnya dari Windows 10 akan diluncurkan, atau kapan versi final dari Windows 10 ini akan meluncur. Namun yang pasti, hal ini membuktikan, bahwa Microsoft akan terus berusaha untuk memperbaiki berbagai aspek pada Windows 10 ini, hingga ia mencapai final.




Article source:
Installation Interface Windows 10 Kini Diupdate
Suka artikel ini ?

About Dani Aprianto

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan